LEMPUYANG TEMPLE

Home Angkul Angkul Bali Model Pagar Rumah Batu Bata Khas Tradisional Bali
     5 / 10 Reviews
Kontak Untuk Tanya Detail Tentang Angkulangkul :
Hubungi Via Telphone
Hubungi Via Whatsapp

Model Pagar Rumah Batu Bata Khas Tradisional Bali

Arsitektur rumah Bali memanglah sangat khas menarik. Hal ini dapat dilihat pada keberadaan model pagar rumah batu bata yang mengelilingi keseluruhan bangunan rumah.

Masyarakat Bali pada umumnya menyebut pagar rumah ini sebagai Tembok Penyengker. Fungsi utamanya tentu sebagai pembatas area suatu area bangunan. Tidak hanya dibangun untuk rumah saja, tetapi juga dalam area pura (tempat suci) dan puri (tempat tinggal para bangsawan).

Model Pagar Rumah Tradisional Bali

Untuk anda yang ingin menambahkan nuansa Bali pada area rumah, model pagar rumah Bali ini menjadi pilihan yang tepat untuk anda aplikasikan.

  1. Terbuat dari Bahan Batu Bata

    Pagar Rumah Bali Bahan Batu Bata Merah
    Pagar Rumah Bali Bahan Batu Bata Merah - sumber: pinterest.com

Berbicara tentang arsitetur tradisional Bali, tentu tidak akan lepas dari penggunaan bahan batu bata. Bahan ini sudah dipakai oleh masyarakat Bali sejak jaman dahulu. Alasannya mungkin karena bahannya yang mudah didapatkan dan pembuatannya yang terbilang cukup sederhana.

Penggunaan bahan batu bata sebagai pagar tentu akan memberikan sentuhan yang klasik dan estetik pada bangunan rumah anda. Tentunya ini akan dapat menarik perhatian siapapun yang lewat.

  1. Ada Ornamen-Ornamen Tradisional

    Desain Pagar Rumah Bali
    Desain Pagar Rumah Bali - sumber: pinterest.com

Pada sebuah bangunan pagar rumah masyarakat Bali, umumnya juga dilengkapi dengan ornamen-ornamen tradisional yang berupa tempelan ukiran-ukiran yang terbuat dari batu alam.

Pagar rumah akan dibuat menyatu ke setiap sisi bagian Angkul-Angkul atau bangunan pintu masuk rumah. Di setiap sudut rumah, juga dibuatkan Paduraksa atau pilar yang berfungsi sebagai penghubung setiap bagian sisi pagar.

Di bagian pilar-pilar, beberapa orang juga ada yang menambahkan patung-patung tradisional untuk menciptakan kesan yang lebih estetik pada area rumah mereka.

Gimana? Tertarik untuk mengaplikasikan model pagar rumah Bali?

Share To :



Hubungi Via Whatsapp